New here? Register. ×
×

Cara Mengatasi Helm Berembun Saat Hujan

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in OTOMOTIF
17Feb

RUBERNEWS.COM | Helm merupakan satu-satunya pelindung kepala ketika berkendara dengan sepeda motor. Tapi masalah mulai muncul ketika hujan turun, yaitu kaca yang berembun dan pada akhirnya mengganggu penglihatan.

Hal ini disebabkan oleh perbedaan suhu yang ada di dalam dan luar helm. Udara di dalam helm lebih hangat daripada di luar sehingga muncul titik-titik air halus di dalam helm. Biasanya masalah ini kerap terjadi pada helm full-face, namun tak menutup kemungkinan juga menyerang helm half face.

Untuk menghindari persoalan tersebut, Otolovers bisa mencoba beberapa cara ini.

  1. Gunakan sabun pencuci piring, shampoo bayi, krim pencukur, atau pasta gigi

Pilih salah satu dari keempat bahan tersebut. Bersihkan kaca helm bagian luar dan dalam. Caranya adalah oleskan bahan pilihan kamu ke kain halus dan gosokkan secara merata. Setelah itu, biarkan sampai kering lalu gosok kembali dengan lap kering yang bersih.

  1. Gunakan cairan anti-fog

Cairan anti-fog ini tersedia dalam dua bentuk pemakaian, yaitu oles dan spray. Cara pakai anti-fog oles, sistemnya sama seperti menggunakan sabun. Sedangkan untuk model spray, kamu hanya perlu menyemprotkan cairan ini ke kaca helm bagian luar dan dalam lalu bersihkan dengan lap bersih atau tisu. Harga cairan ini bervariasi, mulai dari Rp 15 ribu sampai dengan Rp 100 ribu.

  1. Menggunakan pinlock

Cara ini bisa dibilang sebagai cara paling efektif karena juga diterapkan di Moto GP. Pinlock adalah lapisan visor kedua pada helm. Cara kerja lensa ini adalah menjaga suhu udara pada ruang antara kaca dengan pinlock tetap stabil. Hal ini mengakibatkan embun hanya terjadi di luar area yang tidak tertutup pinlock.

[Sumber : Otosia.com]

Sharing is caring