New here? Register. ×
×

Lima Warga Lhok Seuntang Berhasil Menangkap Buaya Di Sungai Krueng Arakundo

no comments
Written by Jufri Zainuddin | Published in DAERAH
  • Lima Warga Lhok Seuntang Berhasil Menangkap Buaya Di Sungai Krueng Arakundo
13Feb

Banner Iklan SENEBE ARABICA COFFEE Terbaik di Aceh

RUBERNEWS.COM | Lima orang warga Lhok Seuntang, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur berhasil menangkap buaya betina di Muara Malihan Kuala Simpang Ulim, Aceh Timur. Buaya tersebut diperkirakan ukuran panjang 5,5 M dan  lebar 80 Cm, serta berat 500 Kg, Selasa 13/02/2018, sekitar pukul 06.00 WIB pagi.

Penangkapan buaya yang dilakukan oleh 5 orang warga Lhok Seuntang, berawal dari kelima warga tersebut hendak melakukan jaring ikan di Muara Malihan Kuala Simpang Ulim, Kecamatan Simpang, Aceh Timur pada pukul 20.00 WIB tadi malam, kelima warga tersebut melihat se-ekor buaya di Pantai Muara. Kemudain kelima warga tersebut sepakat untuk melakukan penangkapan, karena selama ini sangat meresahkan warga setempat atas penampakan buaya beberapa kali di sungai Kreung Arakundo.

Menurut keterangan dari lima warga yang menangkap buaya tersebut, saat itu buaya sedang bersandar dipinggir sungai Krueng Arakundo, tepatnya di Muara Kuala Malehan Simpang Ulim, kemudian warga mencoba menggiring buaya tersebut ke pantai, seterusnya tali yang biasa dipergunakan untuk jaring ikan dibuat untuk penjerat buaya.

Selama 8 jam lebih mereka bergelut dengan buaya, akhirnya pada pukul 06.00 WIB pagi, baru berhasil buaya tersebut di ikat, kemudian digiring ke sungai kembali untuk dapat di gerek ke Gampong Lhok Sentang, Kecamatan Julok, Aceh Timur dengan boat.

Saat ini kondisi buaya masih dalam keadaan hidup, di ikat oleh warga seadanya untuk pengamanan agar buaya tersebut tidak lepas kembali.

Pihak kepala desa telah menghubungi Polsek Julok untuk pengamanan dan tindak lanjut selanjutnya terhadap Binatang di lindungi tersebut.

Kemudian Kapolsek Julok bersama Keuchik Lhok Sentang menghubungi pihak BKSDA Aceh Timur, agar secepatnya buaya tersebut di evakusi ketempat yang lebih aman dan terlindungi dengan baik.

Yusra Keuchik Gampong Lhok Sentang menyatakan, Lima warga saya telah menangkap buaya yang selama ini sangat meresahkan nelayan saat mencari ikan di sungai. Sebenarnya yang sering muncul ada tiga buaya, akan tetapi hari ini telah berhasil ditangkap baru satu ekor. Kami akan terus memantau kedua ekor buaya lagi dan kalau seadainya muncul kembali kami akan berupaya untuk menangkap kembali dan menempatkan kepenangkaran yang ada di Aceh”Jelas Yusra.

IPDA, Eko Hadianto, SE, M.H. saat dikonfirmasi mengatakan, membenarkan adanya penangkap buaya jenis betina di Muara Malihan Kuala Simpang Ulim tadi pagi. Kemudain kami mencoba mengamankan lokasi tempat buaya diamankan sementara, seterusnya kami sduah menghubungi pihak BKSDA untuk tindak lanjut pengamanan buaya tersebut ke tempat pengakaran yang lebih aman.

Kami juga menghimbau kepada warga yang mencari ikan di sungai agar berhati-hati karena menurut informasi warga setempat ada dua buaya lagi yang sering muncul di sungai tersebut”Ungkpa Ibda Eko.

Sharing is caring

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up