New here? Register. ×
×

FORMASI Desak Riswan NS Segera Kembalikan Mobil Dinas Kepada Pemkab Simeulue

no comments
Written by Redaksi 3 | Published in BERITA PILIHAN, DAERAH
  • Foto Ilustrasi
12Feb
SENEBE ARABICA COFFEE The Best Coffee Aceh

SENEBE ARABICA COFFEE
The Best Coffee Aceh

RUBERNEWS.COM | Mengenai polemik mobil dinas atau operasional jenis Toyota Prado untuk pejabat Simeulue di Jakarta, Ketua Forum Generasi Muda Simeulue (FORMASI), Sumardi memberikan tanggapannya terkait polemik mobil dinas yang saat ini masih berada di tangan mantan Bupati Simeulue pridoe 2012-2017 yakni Drs. Riswan, NS.

Kepada Rubernews.com, Sumardi mengatakan bahwa penguasaan aset daerah oleh mantan Bupati Simeulue bila dikaji dari peraturan sudah menyalahi aturan, Senin, 12/02/2017.

“Seharusnya mantan Bupati Simeulue yakni Drs. Riswan, NS bisa memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dengan mengembalikan aset daerah yang sudah bukan lagi haknya sebagai mantan orang nomor satu di Kabupaten penghasil cengkeh itu,”papar Sumardi.

“Meskipun telah diajukan dum sebagaimana yang ada pada aturan PP 84/2014, kita bisa melihat pada pasal 10 ayat 1 poin b disebutkan, bahwa kendaraan bisa di dum apabila “sudah tidak digunakan lagi untuk pelaksanaan tugas,”kata Sumardi.

“Sementara bila kita tinjau di lapangan, Bupati Simeulue saat ini yakni Erli Hasyim, S. Ag, SH, M.I. Kom, masih memerlukan kendaraan dinas tersebut sebagai kenderaan operasional seketika ada keperluan  di Jakarta,”ungkap Sumardi.

“Selanjutnya usulan dum sebagaimana pasal 16 PP tersebut harus terlebih dahulu mendapat persetujuan dari Bupati Simeulue saat ini, akan tetapi sampai sekarang Bupati Simeulue belum memberi persetujuan terkait apa yang diinginkan oleh mantan Bupati Simeulue tersebut,”jelas Sumardi.

Ketua Formasi ini juga menjelaskan secara rinci, dapat kita pedomani pada pasal 17 di PP tersebut bahwa kendaraan tersebut harus dilakukan penilaian oleh pihak dinas aset atau harus ada Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Tidak dengan keputusan sendiri untuk menguasai aset daerah.

“Seharusnya Drs. Riswan, NS agar mematuhi aturan apalagi sebagai mantan pejabat harus memberikan sebuah contoh yang baik kepada masyarakat. Sudah 6 (enam) bulan lebih aset daerah berupa mobil Prado dikuasai dan tidak diserahkan kepada Pemda Simeulue, ini justru bila dibiarkan tentu akan merambat kepada pejabat di Simeulue yang enggan juga mengembalikan mobil dinas jika sudah tidak menjabat,”cetus Sumardi.

“Tentu kita tidak ingin apabilla Pemkab Simeulue kembali mengadakan mobil dinas yang baru untuk kenderaan operasional di Jakarta, hal ini bisa menimbulkan pemborosan keuangan daerah, “harap Sumardi.

BACA JUGA: MASA MENJABAT SEBAGAI BUPATI SIMEULUE BERAKHIR, MOBIL DINAS PRADO DIMANA?

“Saya juga mengharapakan kepada Kabag Umum Setdakab Simeulue (Salahuddin), sebagai penanggung jawab aset tersebut harus bertanggung jawab untuk segera menarik kembali aset daerah dari mantan pejabat yang sudah tidak memilik hak atas kendaraan tersebut. Terlebih lagi Pemkab sudah beberapa kali menyurati Drs. Riswan, NS untuk segera mengembalikan aset daerah tersebut,”tutup Sumardi.

Sharing is caring

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up