New here? Register. ×
×

Duterte Perintahkan Angkatan Laut, Tembak Siapa Saja Masuk Zona Ekonomi Eksklusif Filipina

no comments
Written by Redaksi | Published in HUKUM, INTERNASIONAL
  • Duterte Perintahkan Angkatan Laut, Tembak Siapa Saja Masuk Zona Ekonomi Eksklusif Filipina
12Feb

RUBERNEWS.COM | Presiden Filipina Rodrigo Duterte memerintahkan kepada Angkatan Laut Filipina untuk menembak siapa saja yang mencoba memanfaatkan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Filipina.

Dalam sebuah konferensi pers di Davao City, Duterte ingin mempertahankan kedaulatan Filipina di wilayah Benham Rise.

“Memang kami tidak bisa seperti China melawan Amerika Serikat (AS). Tapi kami juga tidak bisa diam saja. Jadi kalau ada yang mengambil sesuatu dari Zona Ekonomi Eksklusif, Angkatan Laut kami akan menembaki,” katanya seperti dikutip dari CNN Philippines, Senin 12/02/2018.

Benham Rise terletak 135 mil dari Aurora, merupakan bagian dari negara EEZ Filipina. Hal tersebut berdasarkan kesepakatan di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Berdasarkan konvensi PBB mengenai hukum laut, sebuah Zona Ekonomi Eksklusif memberikan hak istimewa kepada negara untuk melakuka eksplorasi dan penggunaan sumber daya kelautan.

Dengan ketentuan tersebut maka Filipina memiliki hak berdaulat atas Benham Rise. Negara tersebut memiliki hak tunggal untuk mengeksplorasi dan mengeksploitasi minyak, gas dan sumber daya mineral lainnya di wilayah tersebut.

Duterte pun memerintahkan kepada Angkatan Laut Filipina untuk melindungi Benham Rise, “Saya memerintahkan kepada Angkatan Laut untuk melakukan patroli secara reguler,” jelas Duterte.

Sharing is caring

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up