New here? Register. ×
×

Indonesia – Sri Lanka Fokus Kerjasama Di Bidang Ekonomi Dan Perdagangan

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in EKONOMI, INTERNASIONAL
  • RUBERNEWS.COM-Indonesia - Sri Lanka Fokus Kerjasama Di Bidang Ekonomi Dan Perdagangan
25Jan
= 27

RUBERNEWS.COM | Indonesia dan Sri Lanka sepakat untuk melakukan kerjasama yang akan fokus di bidang ekonomi, perdagangan, hingga perhatian besar pada pembangunan kapasitas Indo Pasifik.

Hal itu disampaikan Presiden RI Joko Widodo dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena di Presidential Secretariat, Colombo, Sri Lanka, Rabu 24/01/2018 sore.

Presiden Jokowi meminta negosiasi FTA dilakukan secara bertahap dimulai dengan negosiasi Trade in Goods (TIGs). Mengingat Indonesia telah melakukan pengaturan semacam ini dengan beberapa negara, Presiden Jokowi mengharapkan negosiasi FTA-TIGs dapat diselesaikan dalam waktu tidak lebih dari dua tahun.

“Saya menyambut baik kesepakatan untuk membentuk Kelompok Kerja Perdagangan (Pokja) dan Investasi,” ucap Presiden Jokowi.

Pokja bertugas untuk membahas dan mengatasi hambatan perdagangan dan investasi serta secara paralel merundingkan perjanjian perdagangan.

Indonesia juga menyambut baik kerja sama ‘Cross Regional Cumulation’ di sektor tembakau yang sudah berlaku sejak 2014 dan mengharapkan pengaturan yang sama dapat dilakukan untuk fabrics.

Presiden juga menyampaikan kesiapan Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di Sri Lanka. Salah satu isi pembicaraan yang akan ditindaklanjuti adalah rencana PT. INKA untuk mengekspor gerbong penumpang/barang ke Sri Lanka.

Sharing is caring

[avatar size="150" /]