New here? Register. ×
×

Gladi Bersih “Munik Ni Ulu Rintah” Penonton; Ini Baru Mantap

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in DAERAH
  • RUBERNEWS.COM-Gladi Bersih “Munik Ni Ulu Rintah” Penonton; Ini Baru Mantap
02Jan
= 29

RUBERNEWS.COM | Pada saat pelaksanaan gladi bersih “Munik Ni Ulu Rintah” (Pengangkatan Raja) Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tengah Drs, Shabela Abubakar dan H. Firdaus, S.KM salah satu penonton Riduan mengatakan, baru kali ini dia lihat prosesi tersebut.

“Ini baru mantap, saya merinding melihatnya karena acara ini sangat sakral dan baru kali ini saya lihat, dari beberapa kali pergantian Pemimpin Pemerintahan Aceh Tengah ini perdananya”, ungkap Riduan, di Pendopo setempat.

Tambahnya lagi, pada saat prosesi penyematan Bawar dan Penyerahan Tongkat Amanah merupakan inti dari kegiatan tersebut.

“intinya penyerahan Tongkat amanah dan Penyematan Bawar, disitu terkandung makna seorang Raja harus mampu mengayomi masyarakat. Hal itu disampaikan pula oleh Raja pada saat usai menerima Tongkat amanah, yang disebut dengan janji Raja”, terang Riduan.

Kurang lebih isi dari janji Raja adalah, tidak membiarkan rakyatnya sengsara, kelaparan dalam bahasa Gayo disebut “Gere ku daten Rakyat ku Manut i Pelipen, Osop Ipedenen”.(Tidak kubiarkan Rakyat Ku hanyut pada saat menyeberang sungai, hilang di perjalanan).

Sementara itu koordinator acara Munik Ni Ulu Rintah Subhandy mengatakan, setelah disambut Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tengah di Bale Samsu (Pendopo) akan ada tari Sining, tari Munalo, kemudian “isulang lemak lungi” dari orang tua Bupati dan Wakil Bupati, kemudian ada penyematan Bawar yang akan dilakukan oleh Majelis Adat Gayo Aceh Tengah.

“Setelah kegiatan Munik Ni Ulu Rintah selesai, nantinya akan ada atraksi seni dari seluruh etnis di Aceh Tengah, yang menyatakan bahwa Bupati merupakan Pemimpin bagi seluruh masyarakat, baik itu masyarakat Gayo itu sendiri, maupun saudara kita yang telah ada di Gayo ini dan hidup berdampingan dari dahulu,” jelas Subhandy.

Untuk diketahui, kegiatan Munik Ni Ulu Rintah akan berlangsung hari ini, Selasa (02/01/2018) di Pendopo Aceh Tengah.

Sharing is caring

[avatar size="150" /]