New here? Register. ×
×

Perdana, Tari Sining Akan Sambut Kedatangan Bupati Di Pendopo Aceh Tengah

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in DAERAH
  • IMG-20171227-WA0206
28Des
= 2

RUBERNEWS.COM | Salah satu Tari yang hampir punah di Indonesia “Tari Sining” akan ditampilkan pada saat prosesi “Munik ni Ulu Rintah” (Red-Gayo) Bupati Aceh Tengah Drs Shabela Abubakar dan H. Firdaus S.KM  di Bale Samsu Pendopo setempat.

Fitriana Kobat selaku Koreografer Group Sanggar Dulang tersebut mengatakan, saat ini kesiapan timnya untuk menyambut Bupati Aceh Tengah pada Tanggal 02/01/2018 mendatang sudah mencapai 80 Persen.

“Allhamdulillah kami bersama tim sudah siap 80 persen untuk tampil pada hari “H” nanti, kami akan tampil pada saat Bupati tiba di Pintu Gerbang Pendopo setempat setelah proses mengenakan “Upuh Ulen-Ulen” selesai dilaksanakan”, ungkapnya usai latihan berlangsung, Rabu 27/12/2017 di Paya Tumpi

Personil yang akan dikerahkan untuk menyambut Bupati Aceh Tengah sebanyak 6 orang terdiri dari, 5 pemusik dan satu penari.

“tari Sining ini penarinya berada di atas “Dulang” sejenis piring, disitulah ia melakukan gerakan-gerakan tari seperti burung” terangnya, sembari menambahkan Tari Sining tersebut baru perdana dilaksanakan di Kabupaten Aceh Tengah dalam rangka “Munik ni Ulu Rintah.

Ia menambahkan,  Tari Sining tersebut terdiri dari 3 macam tari, ada yang digunakan pada saat prosesi mendirikan rumah, munik ni Reje dan untuk acara panen.

“Yang akan dipentaskan ini adalah Tari untuk “Munik ni Ulu Rintah”, cetus Fitriana Kobat

Ia berharap kedepan, dalam rangka pengangkatan munik ni reje atau pejabat Tari Sining dapat dipentaskan kembali, karena Tari merupakan Tari yang hampir punah di Indonesia

Sharing is caring

[avatar size="150" /]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *