New here? Register. ×
×

Muhammad Ali, Sang Juru Camera Beralih Profesi Ke Wira Usaha

no comments
Written by Musliadi | Published in DAERAH, EKONOMI
  • IMG-20171222-WA0071
22Des

RUBERNEWS.COM | Muhammad Ali (38) yang berprofesi sebagai wartawan salah satu TV Swasta Nasional beralamat di kota Calang kini melakukan sebuah usaha yang menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan kegiatan usaha sampingan selain kegiatan hariannya.

Usaha yang saat ini di rintis Muhammad Ali mungkin telah banyak yang di lakukan oleh banyak orang Aceh dan Indonesia umumnya namun ia mencoba usaha home Industri yang lebih modren yang belum diketahui oleh banyak orang terutama industri kopi tradisional.

Muhammad Ali bercerita awal mula tertarik pengusaha kopi berawal dari pelatihan yang di lakukan oleh Disperindag Aceh Jaya dengan asuhan Edi Tangse yang di lakukan beberapa bulan yang lalu dan melihat penikmat kopi di kota Calang makin hari makin meningkat, Jumat 22/12/2017.

Dan setelah melakukan pelatihan ia bersama keluarga mencoba melakukan usahanya kecil-kecilan di rumahnya dengan usaha Rosting Kopi artinya penggilingan home industri yang modren tanpa pakai wajan dan bara api.

Kini usaha kopinya sudah banyak yang di minati oleh masyarakat karena bubuknya asli tanpa ada campuran dari bahan lainnya dan biji kopi tersebut berasal dari Lamno yang merupakan kopi asli penduduk Aceh Jaya.

Kenapa di pilih kopi Lamno, ia menjelaskan pertama biji kopi tersebut merupakan kopi robusta dan yang kedua mencoba menggerakan perekonomian masyarakat khususnya Lamno dan Aceh Jaya umumnya,”jelas Muhammad Ali.

Usaha Roasting Kopi Robusta ini di kerjakan dengan modern (alat yang menggunakan bentuk modren tapi berbentuk home industri) dengan nama usahanya “Kopi Mocca Lamno) yang di produksi oleh PO Berkat Yakin Desa Gampong Blang Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya.

Kopi Mocca Lamno kini mulai di jual di super market, warung kopi dan masyarakat umumnya di wilayah kota Calang dan ia berharap kopi mocca yang dibuat ini bisa berjalan lancar dan di cintai oleh masyarakat Aceh Jaya,”harap dirinya.

Harga kemasan bubuk kopi yang di jual oleh Muhammad Ali sangat berpariasi yang dimulai dari harga kemasan kecil dan kemasan 500 gram dengan harga dari 20 ribu sampai 100.

Didi salah satu warga Calang mengemukakan, kopi yang di racik oleh Muhamad Ali rasanya sangat nikmat karena kopi yang di hoastingnya tanpa adanya campuran bahan lainnya sehingga di saat meminumnya terasa hawa kopinya yang asli.

Dan merasa yakin di suatu saat Kopi Mocca Lamno Gerbang Raja akan maju di Aceh Jaya karena bahan kopi nya asli dan yang meracikpun asli masyarakat Aceh Jaya,”tutur Didi.

Sharing is caring

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up