New here? Register. ×
×

Giat Menulis Cerita Rakyat,MAA Aceh Jaya Gelar Lomba dan Ini Pemenangnya

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in DAERAH, KEBUDAYAAN
  • IMG-20171121-WA0023
21Nov
= 8

RUBERNEWS.COM | Dalam rangka menceritakan sejarah Kabupaten Aceh Jaya dengan berbagai legenda yang ada di berbagai tempat, Majelis Adat Aceh (MAA) mengelar lomba membuat cerita rakyat yang diikuti oleh umum, Selasa 21/11/2017.

Lomba cerita rakyat Kabupaten Aceh Jaya tahun 2017 berlangsung di Kantor Sekretariat MAA yang dimulai sejak bulan September hingga bulan November yang diikuti oleh 27 peserta dengan membuat tema cerita sendiri serta berhasil membukukan cerita dalam sebuah buku.

Asrul Sani, selaku ketua panitia lomba cerita rakyat Kabupaten Aceh Jaya tahun 2017 mengatakan, lomba ini dilaksanakan dengan tujuan agar masyarakat bisa membuat sebuah cerita yang ada di kawasan domisili dan untuk dapat dipublikasikan tentang sejarah yang belum diketahui oleh masyarakat sehingga cerita yang berhasil dikumpulkan ini dibuat sebuah buku yang bisa dibaca setiap saat oleh masyarakat Aceh Jaya dan umumnya warga Aceh lainnya yang ingin mengetahui tentang legenda-legenda lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Jakfar A.Ma,Pd, Kepala Sekretariat MAA Kabupaten Aceh Jaya dalam sambutannya mengatakan, perlombaan cerita rakyat ini merupakan program baru selama MAA hadir di Aceh Jaya karena pada sebelumnya belum pernah terlaksana dan berharap Aceh Jaya akan melahirkan penulis cerita yang bisa ikut di pentas tingkat provinsi dan nasional.

Sedangkan Drs.H.Anwar Ibrahim, Ketua MAA Aceh Jaya dalam arahannya menyampaikan terima kasih kepada semua peserta yang telah ikut serta berpartisipasi dalam lomba “cerita rakyat Aceh Jaya” dari berbagai sejarah yang ada, sehingga cerita ini akan kita buatkan sebuah judul untuk kita publikasikan ke luar daerah nantinya.

Anwar Ibrahim juga memberikan ucapan selamat yang mendapatkan juara dalam sayembara cerita rakyat Aceh Jaya dan yang belum mendapatkannya jangan berputus asa dan bisa diikut sertakan pada perlombaan berikutnya yang digelar oleh MAA Kabupaten Aceh Jaya karena ini langkah awal yang akan kita tingkatkan pada tahun-tahun yang akan datang.

Pada perlombaan cerita rakyat Aceh Jaya tahun 2017 tersebut, juara I dimenangkan oleh Novia Arianti dengan judul tulisan Legenda Gunong Terbang masen, juara II dimenangkan oleh Misbah dengan cerita Laot Nie Pineng Suasa dan juara III Syafi Ie dengan cerita Gunong Gle Kapai Kecamatan Indra Jaya, juara IV atas nama Sri Gita Fitria cerita rakyat dengan tema Legenda Lhok Guci.

Sharing is caring

[avatar size="150" /]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *