New here? Register. ×
×

Teuku Saifullah Ingatkan Pemerintah Jaga Makam Sultan Aceh Di Gampong Pande

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in DAERAH, KEBUDAYAAN, PARIWISATA
  • RUBERNEWS.COM-Teuku Saifullah Ingatkan Pemerintah Jaga Makam Sultan Aceh Di Gampong Pande
04Sep
= 39

RUBERNEWS.COM | Dalam rangka melestarikan adat istiadat dan memuliakan para raja Aceh, keturunan Raja Daya melakukan kegiatan pertemuan seluruh raja Aceh yang berlangsung di komplek makam Poe Teumeruhom Desa Gle Jong, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Minggu 03/09/2017.

Teuku Saifullah bin Teuku Hasymi El Hakimi, keturunan ke-13 raja Daya kepada sejumlah awak media mengatakan, kegiatan hari ini merupakan sebuah acara Pemenap dan Seumeuleung para raja yang selalu diadakan setiap tahun di Provinsi Aceh dan sebagai pengikat silaturahmi antar sesama para pewarih raja.

Menurutnya, kegiatan ini sudah berlangsung sejak lama yang dimulai pada tahun 1480 Masehi dan yang dilakukan hari ini merupakan kegiatan yang selalu dilaksanakan di komplek Poe Teumeruhom setiap 10 Zulhijjah yang bertepatan dengan hari Raya Idul Adha”ungkap Teuku Saifullah.

Ia mengharapkan pada pemerintah Aceh Jaya, Pemerintah Aceh dan Pemerintah Republik Indonesia untuk selalu diadakan acara Peumenap dan Seumeuleung di komplek ini sehingga para anak-anak Aceh mengetahui tentang sejarah Aceh yang ada masa lampau dan bisa menjadi sebuah icon wisata yang bisa dijual kemanca negara.

Dan berharap pada pemerintah agar para pewaris raja, Sultan Aceh supaya selalu diperhatikan keberlangsungan hidup dan jangan melupakan perjuangan-perjuangan para raja yang telah mempertahankan bangsa Aceh di masa lampau”harap Teuku Saifullah.

Pada kesempatan ini juga menyampaikan pada Pemerintah Walikota Banda Aceh, Disbudpar Aceh, Gubernur Aceh untuk menjaga para makam aulia yang ada di Gampong Pande, Gampong Jawa Banda Aceh yang saat ini diketahui bersama sudah dijadikan sebagai pembuangan sampah.

Meminta agar pembuangan sampah tersebut bisa dicari pada tempat lainnya, karena di daerah tersebut merupakan sebuah daerah kerajaan Aceh dan banyak makam para waliullah yang dikebumikan di daerah tersebut untuk dijaga bersama dan supaya agar Pemerintah Aceh dapat bisa melestarikan daerah Kesultanan Aceh”minta Teuku Saifullah.

Sedangkan Sekda Aceh, Teuku Dermawan mewakili Pemerintah Aceh menyampaikan sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Peumeunap dan Seumeuleung Raja di Poe Teumeruhom Desa Gle Jong, Kecamatan Jaya yang dilakukan setiap tahun seperti hari ini.

Kita sebagai masyarakat Aceh wajib mendukung dan melestarikannya agar tidak hilang dikemudian hari karena cikal bakal lahirnya Aceh karena kerajaan dan jasa para sultan-sultan diseluruh Aceh, sehingga rakyat Aceh bisa hidup seperti saat ini dan Pemerintah Aceh juga akan mendukung apa yang dilakukan oleh Pemerintah Aceh Jaya dalam melestarikan adat istiadat Aceh dan budaya Aceh”ungkap Teuku Dermawan.

Sharing is caring

[avatar size="150" /]