New here? Register. ×
×

Tak Disangka, Anak Seorang Pedagang Menjadi Rektor Unsyiah

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in BERITA PILIHAN, DAERAH, TOKOH
26Jul

RUBERNEWS.COM | Pria yang terkenal murah senyum dan ramah yakni Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng, lahir dan besar dari keluarga yang sederhana bersahaja di kampung halamannya Idi Rayeuk, Aceh Timur, 8 Agustus 1962 di masa lalu. Samsul Rizal dikenal anak yang giat dan rajin.

Saat Ia masih kecil ilmu pengetahuan sudah menjadi candu dan penting baginya, setiap lulus satu tingkatan, dia selalu optimis meraih ke tingkatan selanjutnya.

Samsul Rizal pada masa kecilnya, setiap pulang dari sekolah membantu ayahnya berjualan untuk kebutuhan sehari-hari keluarga dan biaya sekolahnya. Samsul Rizal menyelesaikan Pendidikan Sekolah Dasar (SD), (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Aceh Timur.

Setelah lulus SMA, antusias Rektor Unsyiah ini gigih dalam melanjutkan pendidikan yang lebih menantang buat dia, Syamsul Rizal melanjutkan pendidikan ke Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh, ia mengambil jurusan Teknik. Meski cita-cita pada awalnya ia sangat berkeinginan untuk kuliah ke Institut Pertanian Bogor (IPB) di Pulau Jawa.

Samsul Rizal akhirnya berhasil menggondol gelar S1 dengan dengan predikat yang memuaskan dan diberikan beasiswa untuk melanjutkan Magister atau S2. Samsul menyelesaikan B.E. Gelar dari universitas yang sama pada tahun 1987, dan menyelesaikan Master of Engineering (M.Eng) dan Ph.D. Gelar dari Toyohashi University of Technology, Jepang, masing-masing pada tahun 1998 dan 2001. Pada tahun 2001 ia menyelesaikan program doktor di bidang Struktural Integrity Jepang.

Prestasi akademiknya tergolong bagus. Pada tahun 1994 ia mendapatkan dosen teladan pertama di Fakultas Teknik Unsyiah dan dosen teladan kedua di tingkat universitas. Pada tahun 2004 ia juga terpilih sebagai peneliti terbaik pertama di Unsyiah.

Dua tahun kemudian Samsul Rizal dipercaya sebagai Pembantu Rektor I. Saat itu tampuk pimpinan Rektor Unsyiah dipegang Profesor Darni Daud. Sejak menjadi Pembantu Rektor I, Samsul Rizal dikenal sebagai pemimpin yang sangat mudah ditemui dan diajak berdiskusi oleh dosen dan mahasiswa. Komitmennya terlihat ketika ia menyampaikan kesiapannya menjadi pelayan bagi mahasiswa, dosen, dan karyawan, dan siap ditemui kapan pun.

Pada tahun 2012 Samsul Rizal diberikan kepercayaan oleh Senat Unsyiah untuk memimpin kampus yang dijuluki Jantong Hatee Rakyat Aceh itu,  sesuai dengan  keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137/MPK.A4/KP/2012 tertanggal 29 Maret 2012.

Kinerja semenjak Samsul Rizal menjadi Rektor Universitas Unsyiah ini mampu mengubah status kampus dari akreditasi Universitas, dari C menjadi A. Selain itu sejumlah prodi di kampus mampu ditingkatkan menjadi A. Prestasi yang sangat besar untuk meningkatkan Universitas Unsyiah Jantong Hatee Rakyat Aceh.

Sharing is caring