New here? Register. ×
×

Antisipasi Teroris, China Wajibkan Mengunduh Aplikasi Ini Bagi Warga Muslim

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in HUKUM, INTERNASIONAL
26Jul

RUBERNEWS.COM | Untuk mengantisipasi gerakan teroris, Pemerintah China memberlakukan pengawasan terhadap penduduk muslim di provinsi Xinjiang dengan menggunakan aplikasi ponsel pintar. Dalam hal ini otoritas China memaksa penduduk muslim untuk mengunduh aplikasi Jingwang, fungsi aplikasi Jingwang tersebut bisa merekam bermacam data dari ponsel pengguna.

Jenis data yang bisa diambil dari piranti tersebut cukup banyak, mulai dari isi percakapan di aplikasi Weibo dan Wechat, nomor IMEI, data kartu SIM, hingga riwayat WiFi yang pernah tersambung dengan ponsel. Pemerintah setempat menyebut aplikasi itu perlu diunduh untuk mendeteksi konten ilegal, terutama terkait terorisme.

Jingwang bisa menemukan berbagai jenis konten seperti gambar, video, e-book dan lainnya yang ada di ponsel. Jika hasil deteksi menunjukkan konten itu berkaitan dengan terorisme, pemilik ponsel diminta menghapusnya.

Untuk memberlakukan aturan baru ini, pemerintah China menyebar pemberitahuan kepada pengguna Android agar mengunduh Jingwang. Lebih jauh, otoritas setempat bahkan menggelar razia untuk mengecek apakah penduduk Urumqi, ibu kota provinsi Xinjiang telah mengunduh Jingwang.

Kewajiban mengunduh ini ditindaklanjuti dengan sanksi kepada mereka yang menolak, bagi yang tak mau mengunduh Jingwang, polisi bisa menahan mereka selama 10 hari.

Urumqi adalah kota di provinsi Xinjiang dengan penduduk beretnis Uighur yang memeluk agam Islam, Etnis Uighur merupakan minoritas disana dengan jumlah lebih dari 13 persen dari total penduduk. Sementara di provinsi Xinjiang, muslim adalah mayoritas. Tercatat saat ini ada 8 juta muslim tinggal disana, yang berasal dari etnis Uighur.

Provinsi otonom tersebut dikenal sudah lama mendapat tekanan pemerintah China, salah satu yang terbaru adalah larangan memakai jilbab dan janggut yang diberlakukan sejak Maret lalu, seperti dirilis IBTimes.

Perintah mengunduh aplikasi spyware ini, merupakan upaya kesekian kali pemerintah China mengawasi penduduk muslim di Urumqi. Mashable menyebut, China pada Maret lalu sudah memaksa pegawai negeri sipil di Urumqi agar menandatangani kesepakatan soal konten terkait teroris.

Sharing is caring