New here? Register. ×
×

Tradisi Seba Peninggalan Leluhur Suku Baduy

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in KEBUDAYAAN, NASIONAL
  • RUBERNEWS.COM-Tradisi Seba Peninggalan Leluhur Suku Baduy
30Apr
= 54

RUBERNEWS.COM | Puluhan Warga Baduy yang hidup dikaki pegunungan Kendeng Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, mendatangi Pendopo Bupati Pandeglang dalam rangka memperingati Seba Baduy yang merupakan tradisi tahunan turun temurun leluhur mereka, Sabtu 29/4/2017.

Kedatangan mereka dipimpin oleh Jaro Saidi sebagai ketua adat mereka dan langsung menemui Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita dengan membawa hasil bumi pertanian mereka “dikatakan Hafidz Kepada RUBERNEWS.COM melalui masengger milik Dinas Komunikasi, Informasi, Sandi dan Statistik Kabupaten Pandeglang, Minggu 30/4/2017.

Seba Baduy adalah Tradisi dari para leluhur mereka, mereka turun gunung untuk menemui para kepala daerah, seperti Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang dan nanti pada puncaknya akan menemui Gubernur sebagai (Bapak Gede) “ujarnya.

Hafidz juga menjelaskan, dalam sambutannya ketua adat mereka bernama Jaro Saidi kepada Bupati Pandeglang menuturkan, Seba Baduy ini adalah peninggalan leluhur tetua (kokolot) yang harus dilaksanakan sekali dalam setiap tahunnya.

Kami menitipkan kepada Pemda Pandeglang agar senantiasa menjaga dan selalu melestariakan alam gunung karang, Gunung Pulosari, Aseupan, Madur, Kembang, dan Ujung Kulon. Apabila dijaga tidak akan ada lagi bencana, dan terimakasih kepada Ibu Bupati atas penyambutanya, walaupun kami hanya membawa sedikit bawaan, tapi sambutan nya sangat luar biasa, kami doakan Pandeglang semakin maju ”ungkap Joro Saidi.

Sementara Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita dalam sambutannya, kata Hafidz, mengatakan, Semoga Seba baduy ini dapat memberikan keberkahan bagi kita semua khususnya dalam bidang pertanian di Kabupaten Pandeglang.

Kabupaten Pandeglang akan terus mendukung kegiatan adat suku baduy ini, dan semoga dapat menjadi contoh bagi kita semua bahwa masyarakat adat suku baduy sangat menjunjung tinggi nilai adat, menghargai dan menyukuri alam. bukan merusaknya ”tuturnya.

Sharing is caring

[avatar size="150" /]