New here? Register. ×
×

Presiden Akan Tinjau Perkembangan Penanganan Korban Dan Rekonstruksi Gempa Aceh

no comments
Written by Redaksi 4 | Published in LAINNYA
14Des

RUBERNEWS.COM | Presiden Joko dijadwalkan akan kembali mengunjungi lokasi gempa bumi di Aceh, Kamis (15/12/2016) besok. Presiden akan meninjau sejauh mana proses penangan korban dan rekonstruksi sudah dilakukan.

Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh, Frans Dellian, menyebutkan, Presiden Jokowi singgah di Aceh dalam perjalanan kembali dari kunjungan kerjanya di Taheran, Iran. Bersama Jokowi, akan ikut pula Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani.

“Bersama Pak Gubernur, Presiden besok akan berkunjung ke Pidie Jaya. Puan Maharani sendiri saat ini sudah ada di Banda Aceh. Direncanakan mereka akan berangkat bersama ke lokasi bencana,” kata Frans Dellian, Rabu (14/12/2016.)

Frans menyebutkan, Presiden Jokowi ingin memastikan langsung proses penanganan korban serta rekonstruksi segala sarana – rumah masyarakat, tempat ibadah, sekolah dan segala fasilitas publik lainnya – berjalan sesuai seperti yang  telah diinstruksikannya.

“Jokowi mau semua berjalan lancar dan cepat sehingga segala kegiatan masyarakat di lokasi bencana bisa berangsur normal kembali,” ujar Frans.

Adapun di Iran, Jokowi mengadakan pertemuan dengan Presiden iran Hassan Rouhani, Ketua Parlemen Iran Ali Larijani, dan Pemimpin Agung Iran, Ayatollah Sayed Ali Khameini. Kunjungan kenegaraan tersebut dilakukan, dalam rangka membalas kunjungan Presiden Iran ke Indonesia, April tahun lalu.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo secara khusus terbang ke Aceh dua hari paska gempa bumi. Melihat kerusakan parah di sebagaian wilayah Pidie Jaya, Bireun dan Pidie, Jokowi langsung memerintahkan penangan lintas kementerian serta melibatkan aparat TNI.

Kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jokowi meminta agar semua kerusakan infrasturktur ditangani. Sementara penanganan korban, Jokowi meminta Kementerian Kesehatan.

Untuk kelancaran pendidikan, Jokowi meminta agar Kementerian Pendidikan segera memperbaiki semua sarana pendidikan yang rusak.  Sementara kepada TNI, Jokowi memberi instruksi untuk mengangkut semua reruntuhan bangunan.

Tak hanya itu, Jokowi secara langsung menyerahkan anggaran pengganti terhadap kerusakan bangunan dan korban. Untuk bangunan rusak berat, diberikan uang sebesar Rp.40 juta, dan rusak ringan Rp.20 juta. Untuk korban meninggal diberikan santunan Rp.15 juta, dan Rp.5 juta untuk korban luka berat.

Sharing is caring